Bola Online PSSI Putuskan Akan Hentikan Kompetisi IPL

PSSI Putuskan Akan Hentikan Kompetisi IPL

PSSI Putuskan Akan Hentikan Kompetisi IPL

Bola Online – PSSI lewat Komite Eksekutif atau Exco sudah mengeluarkan keputusan tegas menyangkut masa depan kompetisi Indonesia Premier League atau yang biasa disingkat IPL. Dalam sebuah rapat para anggota Exco yang dilakukan di Hotel Sultan, Senayan Jakarta hari Sabtu (28/9) kemarin pihak Exco secara mufakat menganggap kompetisi IPL sebagai kompetisi yang tidak diakui secara resmi oleh PSSI. Keputusan ini dikeluarkan setelah Exco menerima rekomendasi dari Komdis (Komisi Disiplin) PSSI yang isinya menyebutkan PT Liga Prima Indonesia Sportindo yang menjadi operator kompetisi IPL sudah tidak bisa menjalankan tugasnya menjalankan roda kompetisi.

Saat tanggal 18 September 2013 yang lalu, Komisi Disiplin PSSI sudah meminta pihak PT LPIS untuk melakukan perubahan jumlah peserta, penyesuaian agenda laga dan restrukturisasi klasemen. Tapi setelah ditunggu sampai tenggat waktu yang sudah diputuskan oleh pihak Komdis, PT LPIS tidak juga memberikan apa yang diminta Komdis. Atas dasar ini maka pihak Exco meminta kompetisi IPL untuk dihentikan. Joko Driyono selaku Sekjen PSSI juga mengatakan pelaksanan kompetisi IPL tidak valid dan produk kompetisinya tidak diakui. Setelah keputusan ini dikeluarkan maka pihak PSSI akan segera mengirimkan surat keputusan kepada PT LPIS di hari Senin (30/9). Keputusan ini juga akan dikirimkan kepada federasi sepak bola di Asia, AFC karena juga menyangkut proses unifikasi liga mulai musim depan.

Sementara untuk menentukan siapa saja empat tim dari IPL yang berhak untuk ikut di kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, Joko Driyono mengatakan PSSI akan segera membuat format baru. Format baru penentuan ppeserta kompetisi musim depan ini diharapkan sudah selesai hari Senin (30/9) dan akan segera diinformasikan kepada tim yang akan menjadi peserta pada hari Rabu (2/10). IPL adalah kompetisi sepak bola yang awalnya dipelopori oleh pengusaha Arifin Panigoro di awal tahun 2010. Proyek ambisius yang dipegang oleh sebuah konsorsium yang menjadi pemilik semua tim peserta ini awalnya sangat ambisius karena berani mendatangkan marque player dengan nama terkenal dan harga yang mahal. Sebut saja nama Amaral, Amancio Fortes, Lee Hendrie dan Dennis Romanov. Kompetisi ini muncul setelah semakin runcingnya dualisme yang ada di tubuh PSSI.

Tapi bergantinya kepengurusan PSSI membuat masa depan komeptisi ini semakin tidak jelas. Dalam perjalanannya sendiri, kompetisi ini dipenuhi masalah dari mulai legalisasi kompetisi, gaji pemain dan wasit yang jarang dibayar, sampai dengan pemain yang tidak diperbolehkan untuk ikut membela timnas jika bermain di kompetisi ini. Bola Online