Conte: Saya Ingin Lebih Banyak Pemain

Conte: Saya Ingin Lebih Banyak Pemain

Conte: Saya Ingin Lebih Banyak Pemain

Pelatih Juventus yang juga dinominasikan sebagai pelatih terbaik tahun ini dengan Capello dan Guardiola : “Saya mencoba untuk menemukan solusi yang menolong pemain dengan skill biasa saja. Pelatih kepala Rusia : “Saya akan memberikan mereka waktu bermain yang sesungguhnya.” Sedangkan Pep : “Pemain top akan menolongmu.” Antonio Conte sedang berjalan diantara raksasa. Well, dia duduk disamping Fabio Capello dan Pep Guardiola saat menghadiri acara Globe Soccer Awards. Pelatih Juve sedang dinominasikan sebagai pelatih terbaik tahun ini bersama dengan pelatih kepala Rusia dan pelatih Bayern Muenchen, dan Conte yang memenangi penghargaan tersebut.

Conte – “sepanjang karir saya, merupakan sebuah hal yang menarik untuk melihat para pelatih bekerja dan saya suka mengobrol lama dengan mereka semua, apa yang sebenarnya mereka inginkan dari para pemainnya.” Kenang pelatih Juve. “Saat saya berusai 30 tahun, saya mulai memberi nasihat bagi rekan setim di lapangan. Kemudian sebagai pemain, saya sangat merasa beruntung karena pernah ditangani oleh para pelatih kelas dunia kecuali Capello. Saat kamu menang, kamu adalah pemain bagus dan semua hal bergulir denagn lebih mudah karena saya selalu yakin mereka akan melakukannya lagi.” Conte juga membeberkan rahasia suksesnya.

“Tak harus menjadi pemain dengan teknik ajaib, saya juga melatih berdasarkan pengalaman semasa menjadi pemain, saya melakukan latihan lari dan bermain lebih keras dari rekan setim. Terkadang saya tak tahu pada siapa saya akan memberikan bola, itulah kenapa, sebagai seorang pelatih, saya sekarang akan mencoba untuk menemukan solusi terbaik bagi pemain yang tak memiliki skill istimewa dalam tim. Saya selalu mengajak pemain berpikir saat mereka ditempatkan dan disuruh bermain dengan gaya tertentu, agar mereka berkata,” apa yang coba kita lakukan hari ini, kenapa kita harus bermain dengan gaya tersebut” setelah mereka mengerti, para pemain akan lebih mudah untuk menikmati pertandingan dan makin paham dengan taktik yang diberikan.

Ada sebuah adiom yang mengatakan dibelakang pelatih besar selalu ada klub besar. Jadi yang merupakan faktor tak kalah penting adalah mempunyai klub dan pemain dengan level yang dibutuhkan untuk mencapai sukses. Kemudian kita harus mengatur agar semua pemain paham dan mengerti tentang ide sepakbola kita. Guardiola adalah contoh penting bagi gaya bermain Barcelona dan kami juga sering mempelajari inovasi taktiknya disana.” Saat ditanya mengenai perubahan peraturan di sepakbola dia berkata

“Saya lebih suka bila sepakbola mengijinkan pergantian pemain yang lebih banyak, juga lebih banyak pemain di bangku cadangan. Itu bisa membuat pilihan lebih banyak dan juga dapat memberikan tontonan yang menarik sepanjang musim.”