Pemain Senior Mulai Mendapatkan Ancaman Di Inggris

Pemain Senior Mulai Mendapatkan Ancaman Di Inggris

Pemain Senior Mulai Mendapatkan Ancaman Di Inggris

Kehadiran pemain-pemain muda di kubu skuad asuhan Roy Hodgson mengancam keberadaan pemain senior. Setidaknya hal ini dialami oleh bek kiri Chelsea Ashley Cole yang posisi di tim utama Inggris mulai mendapatkan ancaman untuk perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang. Padahal Ashley Cole tinggal selangkah lagi untuk menorehkan penampilan ke-106 di ajang internasional  saat Inggris menghadapi Cili di ajang persahabatan di Wembley atau pun Jerman empat hari kemudian, namun adanya pemain muda yang siap mengancam keberadaannya kemungkinan menutup peluangnya untuk tampil di Brasil. Bagi Roy Hodgson sejumlah pertandingan persahabatan merupakan seleksi alam yang akan dilakukan olehnya demi memperoleh komposisi pemain yang akan disertakan olehnya pada ajang empat tahunan mendatang.

Setidaknya ada beberapa nama yang siap menggusur kontribusi Ashley Cole di tim nasional. Diantaranya adalah Leighton Baines dari Everton, bek muda Arsenal Kieran Gibbs dan bintang U-21 Inggris Luke Shaw dan Cole – yang sudah tidak bermain dalam dua pertandingan terakhir untuk Chelsea – tidak mendapatkan garansi lagi dari Hodgson. “Dari segi pengamatan tim nasional Inggris saya sangat senang kalau Ashley Cole masih bisa bermain dan memiliki potensi di posisi bek sayap kiri,” terang Roy Hodgson jelang persiapan melawan Cili. “Tetapi berdasarkan pengetahuan yang anda telah lihat sebelumnya, posisi bek sayap kiri untuk saat ini menjadi persaingan sengit dan tentu tidak akan mudah untuk menentukannya. “Baines bermain luar biasa untuk Everton dan kemampuan dalam mengeksekusi bola mati merupakan nilai tambah tersendiri dalam karirnya.

Demikian pula dengan Gibbs dan Shaw – dua pemain muda namun anda tidak akan pernah menduga salah satu diantaranya bisa memperoleh kesempatan emas untuk bermain di tim senior dan tentu tekanan kini ada di pemain-pemain berpengalaman. “Jujur saja bagi saya hal ini tidak menjadi perhatian khusus, jika Ashley Cole atau Leighton Baines tidak dapat bermain, saya masih memiliki Gibbs dan juga Shaw.” Shaw tidak hanya sendirian. Dia memiliki dua rekannya dari Southampton untuk bermain di tim nasional senior setelah Jay Rodriguez dan Adam Lallana juga dipersiapkan oleh Roy Hodgson untuk tampil dalam pertandingan nanti, namun sang pelatih menegaskan bila peluang itu datang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya atau jika tidak jangan harap ada pemanggilan kedua.

“Tentu saja ini dalam beberapa hari terakhir membuat mereka kesulitan untuk tidur. Karena konsentrasi dan rasa keinginan mereka untuk bermain menjadi satu. Namun pada sisi lainnya, bila mereka gagal membuktikan kapasitas terbaiknya, maka hal ini akan mengancam kontribusinya di ajang internasional,” ujar Hodgson. “Tentu hal ini sudah ada dalam pemikiran saya sejak dahulu kala. Karena bila seseorang diberikan kesempatan untuk bermain namun mereka tampil buruk atau sebaliknya, maka semua sudah bisa memiliki peluang yang sama. Tetapi saya yakin dengan skuad yang ada saat ini, semua bisa menjadi yang terbaik dalam dua pertandingan persahabatan nanti.”