Perancis Lolos Tipis dan Dramatis ke Piala Dunia 2014

Perancis Lolos Tipis dan Dramatis ke Piala Dunia 2014

Perancis Lolos Tipis dan Dramatis ke Piala Dunia 2014

Prancis menghadapi mission impossible untuk lolos ke Piala Dunia 2014. Tim Ayan Jantan wajib menang dengan selisih lebih dari dua gol melawan Ukraina. Sebuah misi yang teramat berat bahkan untuk ukuran sebuah tim nasional bertabur bintang seperti Prancis. Pangeran Biru akibat terlalu lengah dan lemah menghadapi serangan balik Ukraina pada pertandingan pertama di salah satu pecahan negara Uni Soviet tersebut akhirnya harus menderita dua gol tanpa bisa membalas satu gol pun pada leg pertama. Negeri Eiffel tersebut menginginkan revans yang sepadan bahkan lebih untuk tidak menanggung malu sebagai negara besar sepak bola yang tidak lolos ke Piala Dunia.

Namun, para pemain Prancis optimis bisa melewati misi berat ini. Salah satu pemain Prancis yang sangat yakin bahwa negaranya bisa lolos ke Piala Dunia adalah Karim Benzema. Dia mengatakan bahwa dia siap mencetak hattrick kalau perlu untuk membantu negaranya lolos ke Piala Dunia. Kondisi sebaliknya terjadi di tim nasional Ukraina di mana pelatih kepala Ukraina yakni Famenko mengatakan masih harap-harap cemas bahwa timnya bisa lolos ke Piala Dunia karena mereka hanya menang dua gol kalau saja mereka bisa menang lebih dari tiga, maka Famenko amat sangat yakin bahwa Ukraina bisa mengukir rekor tersendiri di gelaran Piala Dunia ini.

Didier Deschamps sang pelatih Prancis juga yakin dengan formasi yang diturunkannya. Prancis bermain dengan formasi standar menyerang 4-3-3 dengan susunan awal: Lloris; Debuchy, Sakho, Varane, Evra; Matuidi, Cabaye, Pogba; Ribery, Benzema, Valbuena. Sedangkan, Ukraina di bawah arahan Famenko bermain dengan formasi 4-2-3-1 dengan susunan awalan: Pyatov; Mandzyuk, Khacheridi, Rakitsky, Shevchuk; Bezus, Rotan; Yarmolenko, Edmar, Konoplyanka, Zozulya. Prancis bermain menekan sejak awal pertandingan dengan poros sentral Ribery. Hasilnya pada menit ke-22, Prancis sudah mencetak gol melalui Sakho yang melakukan overlap. Sepuluh menit kemudian kerja sama antara Ribery dan Benzema berhasil membuat bola melewati garis gawang Ukraina sayangnya ternyata Benzema sudah terperangkap offside.

Tapi, empat menit kemudian Benzema benar-benar mencetak gol dan Prancis menyamakan kedudukan agregat. Seisi stadion Stade De France bergemuruh. Babak pertama ditutup dengan skor Prancis 2-0 Ukraina. Petaka bagi Ukraina di babak kedua dimulai ketika mereka harus bermain dengan 10 orang pemain ketika Yevhen Khaciredi harus diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua. Lalu berlanjut dengan Oleh Husyev yang melakukan gol bunuh diri. Seketika para pemain dan segenap stadion bersorak sorai gembira. Hanya dengan gol itu saja sudah cukup membuat Prancis lolos ke Piala Dunia. Sebaliknya, para pemain Ukraina sudah lemas dan seperti sudah putus asa. Akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 3-0 untuk Prancis. Dengan hasil ini Prancis lolos ke Piala Dunia 2014. Tipis dan dramatis.