Sejarah 14 Oktober, Pertandingan Terakhir Marco Van Basten

Sejarah 14 Oktober, Pertandingan Terakhir Marco Van Basten

Sejarah 14 Oktober, Pertandingan Terakhir Marco Van Basten

Pada 14 Oktober 1992 silam, penyerang yang juga kapten Belanda yaitu Marco van Basten bermain untuk yang terakhir kalinya untuk timnas Belanda saat melawan Polandia dalam partai kualifikasi Piala Dunia tahun 1994. Karena mengalami cedera engkel yang akut membuat van Basten jarang bermain selama tiga tahun ke depan sebelum akhirnya dia pensiun pada bulan Agustus tahun 1995. Laga melawan Polandia tersebut merupakan penampilan Van Basten yang ke 58 dengan tim Oranje. Pertandingan yang berakhir dengan skor sama kuat yaitu 2-2 tersebut cuma berselisih selama dua minggu dari ulang tahun Van Bates yang ke 28. Van Basten sendiri kurang memberi banyak kontribusi dalam pertandingan itu. Sepertinya masa keemasan Van Basten telah berlalu.

Pada Euro tahun 1988 atau empat tahun sebelumnya, pemain yang lahir di kota Utrecht tersebut tampil gemilang. Van Basten menjadi top skor pada turnamen tersebut dengan mencetak lima gol, termasuk ketika hat-trick ke gawang Inggris, serta memberikan Belanda sebuah trofi Piala Eropa, yang merupakan satu-satunya gelar bagi Belanda di level internasional. Euro 1988 adalah puncak prestasi yang ditorehkan oleh Marco Van Basten bersama skuad Oranje. Pada Piala Dunia tahun 1990, Belanda tampil cukup mengecewakan. Saat itu Van Basten tidak mampu mempersembahkan sebuah gol pun dalam turnamen tersebut bagi Belanda. Setelah berhasil meraih penghargaan individu karena penampilan Van Basten yang gemilang di musim 1991/92 dengan klub yang dia bela yaitu AC Milan, di tidak terlalu bersinar di Euro 1992 saat dia gagal untuk melakukan eksekusi adu penalti di semi-final kontra Denmark. Saat itu Belanda pun tersingkir.

Van Basten kemudian berharap bisa membela tim Belanda di Piala Dunia tahun 1994 dengan menjaid kapten bagi tim Belanda di babak kualifikasi zona Eropa. Tapi, dia cuma bermain di dua pertandingan, kalah dengan skor 2-1 dari Norwegia serta bermain dengan skor 2-2 dengan Polandia. Sesudahnya, dia tidak bisa bermain di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Kemudian, pada bulan Mei tahun 1993, bencana datang pada Van Basten. Dia mengalami cedera engkel yang membuatnya tidak bisa bermain selama musim 1993/94 serta musim 1994/95. Hal ini berarti bahwa harapan Van Basten untuk bermain demi membela negaranya di Piala Dunia 1994 harus dihapus. Cedera tersebut memaksa Van Basten untuk gantung sepatu pada tanggal 17 Agustus 1995 silam.

Van Basten total telah mencetak 58 caps dengan timnas Belanda, dia pun telah mencetak 24 gol. Walaupun karier Van Basten di timnas terbilang cukup singkat, namun dia membawa nama negaranya kembali dengan status yang berbeda. Dia kembali ke Timnas Belanda sebagai pelatih pada tahun 2004 sampai tahun 2008. Saat ini dia melatih klub Eredivisie Belanda yaitu SC Heerenveen.